Milik Toyota, Ini Tugas Baru Daihatsu

Milik Toyota, Ini Tugas Baru Daihatsu

Sejauh ini belum ada perombakan organisasi pada kedua perusahaan.

VIVA.co.id – Merek mobil Daihatsu kini telah menjadi milik Toyota sepenuhnya per 1 Agustus 2016. Kemudian, pada 1 Januari 2017, dibentuk Emerging-Market Compact Car Company oleh kedua produsen otomotif asal Jepang tersebut.

Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Sudirman Maman Rusdi, menyebut, sejauh ini belum ada perombakan organisasi dari Toyota maupun Daihatsu, terkaitnya bergabungnya Daihatsu ke Toyota.

“Sementara ini tidak ada perombakan apa-apa, di DMC (Daihatsu Motor Corporation) juga. Cuma didirikan virtual company, namanya Emerging Country Compact Car Company. Dari sana digabung Daihatsu dan Toyota,” ujar Sudirman di Jakarta.

Ia mengatakan, pembagian tugas terlihat jelas di sana. Daihatsu mendapat tanggung jawab mulai dari pengembangan, pengadaan hingga tahapan persiapan produksi.

“Lalu, menggunakan sumber daya yang ada di Thailand, yaitu TDEM (Toyota Daihatsu Engineering Manufacturing), sebagai sumber untuk pengembangan ini,” kata dia. 

Setelah semua berjalan, baru nantinya ditetapkan produk akan dijual untuk negara mana dan di mana akan diproduksi. “Produksinya ditetapkan belakangan,” tuturnya. (art)