Daihatsu Cilegon

Toyota Agya Kalah Laris dari Daihatsu Ayla

Daihatsu Cilegon
Daihatsu Ayla

Otosia.com – Jika tidak bisa dikatakan “tumben”, maka memang ada yang janggal dengan penjualan mobil awal tahun ini untuk model Toyota Agya. Selama ini, Toyota-Daihatsu ibarat seperti punya perjanjian bahwa Toyota lebih unggul dari Daihatsu, terutama untuk model-model kembaran, seperti Avanza-Xenia, Rush-Terios, Calya-Sigra, serta LCGC yang sudah lebih dulu tampil, Agya-Ayla.

Yang jadi soal, tahun ini penjualan Toyota Agya berada di bawah Daihatsu Ayla. Total penjualan Daihatsu Ayla untuk Januari-Februari ini 7.214 unit, sementara Toyota Agya punya selisih signfikan, yakni 4.100 unit.

Jika ditilik lebih jauh, data penjualan Gaikindo 2017 memang menunjukkan kejanggalan. Agya pada Januari sempat kosong secara wholesales untuk sejumlah varian. Ini terjadi pada bulan Februari, yakni untuk tipe E dan G. Pada saat itu, penjualan benar-benar nol.

Namun, catatan ini memang menarik untuk dicermati. Pasalnya, total penjualan wholesales Agya justru tidak berubah secara total dibanding Januari, bahkan sama.

Ketika penjualan nol di sejumlah varian, pasokan terbanyak justru ada pada Toyota Agya TRD S 1.0 MT yang pada akhirnya secara total menyamai jumlah bulanan sebelumnya, yakni sama-sama 2.050 unit.

Ada strategi atau alasan apa sebenarnya, yang kemudian juga membuat Agya tunduk di bawah Ayla? Kejanggalan ini belum disikapi dengan keterangan resmi dari Toyota.

Sumber : Otosia.com